UMKM di Sulteng berkembang pesat

lazada ID

Palu – Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah di Sulawesi Tengah dalam kurun dua tahun terakhir ini berkembang cukup pesat.

“Pertumbuhan UMKM di daerah itu setiap tahun sekitar 15 persen,” kata Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Sulteng Suparman Hasan di Palu, Selasa.

Ia mengatakan pada 2010 jumlah UMKM di daerah ini baru berkisar 500 ribu, kini meningkat menjadi 700 ribu dengan jumlah tenaga kerja sekitar 1,5 juta orang.

Menurut dia, sebagian besar pelaku UMKM berada di Kota Palu. Ada 360 ribu pelaku usaha bergerak di sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan kelautan.

Sementara sisanya, lanjut dia, bergerak pada sektor jasa, perdagangan dan industri rumah tangga.

Untuk mendorong semakin tumbuhnya para pelaku UMKM di kabupaten dan kota di Sulteng, pemerintah daerah setiap tahunnya mengalokasikan anggaran melalui APBD provinsi untuk penyediaan sarana usaha.

Misalkan pada 2012 ini, pemerintah daerah mengalokasikan dana sebesar Rp1,5 miliar untuk pengadaan peralatan bagi mendukung kegiatan UMKM di seluruh kabupaten dan kota di Sulteng.

Pemerintah sengaja tidak memberikan dalam bentuk uang tunai kepada setiap pelaku UMKM, tetapi langsung barang/peralatan sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, pemerintah melalui BUMN juga menyalurkan dana bergulir kepada para pelaku usaha guna peningkatan dan perkembangan sektor rill di daerah ini.
(BK03)


Lazada ID

Related posts "UMKM di Sulteng berkembang pesat":

ADD YOUR COMMENT